VISITORS

Korupsi dan Akibatnya Bagi Anak Bangsa

Sunday, January 30, 2011


Dalam beberapa tahunbelakangan ini, korupsi sudah sangat mengakar dalam lingkup sosial masyarakat Indonesia. Pertanyaannya adalah mengapa? Selama ini masyarakat seakan tak berdaya melawan arusnya korupsi, karena dalam lubuk hati yang paling dalam mereka mendukung korupsi. Dalam hal sekecil seperti ketidakmauan kita untuk pergi ke pengadilan saat ditilang namun menyogok polisi, adalah bukti bahwa rakyat kita pada umumnya merupakan pemberi makan untuk para koruptor.

Kata-kata seperti “Bank Century”, “Gayus”, “BLBI”, “Cek Komisi IX DPR” yang tidak asing lagi di telinga,  adalah contoh korupsi besar yang benar-benar menyengsarakan rakyat kita. Puluhan bahkan ratusan milliaranpun hilang begitu saja dari anggaran negara akibat korupsi, padahal dengan uang sebanyak itu kita dapat membangun sekolah, rumah sakit, dan infrastruktur lainnya.

Jadi, apakah sebenarnya hubungan daripada korupsi dengan siswa-siswi sekolah seperti saya sendiri? Bayangkan saja seorang remaja dibombardir setiap hari oleh berita korupsi. Di koran, majalah,  televisi, internet, bahkan obrolan sehari-hari pun tentang korupsi (sesuatu yang berkonotasi negatif).

Secara psikologis remaja-remaja ini seperti saya sangat mudah dipengaruhi. Dengan mengetahui, merasa, dan meyakini bahwa korupsi adalah hal yang biasa, maka dalam melakukan kesalahanpun kita sudah mulai tidak merasa bersalah.  Lebih-lebih di kota metropolitan seperti Jakarta, banyak sekali godaan yang datang ke kita. Dengan pribadi awal yang labil, tidak diperhatikan, dan ditekan oleh “peer pressure”, seseorang akan lebih mudah untuk melakukan hal-hal negatif. Pada intinya, untuk seorang remaja maraknya korupsi di negeri ini secara umum tidak akan mengakibatkan remaja itu secara harafiah melakukan korupsi, tetapi lebih menekan kepada bahwa sesuatu yang salah telah umum dilakukan, maka secara pribadipun dalam melakukan kesalahan sebesar atau sekecil apapun tidak akan merasa bersalah.

Secara fisik, dengan maraknya korupsi maka perhatian pada anak bangsa pun berkurang. Anggaran yang seharusnya disedot untuk membiayai sekolah anak-anak, memberi beasiswa kepada siswa tidak mampu yang berprestasi, meningkatkan mutu dan kualitas SDM pengajar, dan memperbaiki kualitas infrastruktur serta sarana dan prasarana sekolah pun, habis karena telah dirampas oleh para koruptor.
Pesan penulis ini adalah, kita sebagai anak bangsa jauhilah sifat-sifat negative yang dimiliki oleh para koruptor, karena dengan korupsi masa depan kita sendiri, dan negara kita akan terhambat dan tidak pernah maju.


MAULANA PERMANA AJIE

1 comments:

ladislaogage said...

BetMGM Launches First US Online Sportsbook in Colorado
BetMGM 전라남도 출장샵 is a sportsbook in Colorado that is available in one of the best retail 전라남도 출장안마 properties 안양 출장안마 in Colorado. The sportsbook has been in operation 화성 출장샵 since 2006 and 여수 출장마사지